Pilihan Design Website Online Gratis dan Berbayar

PropellerAds
Banyak orang ingin memiliki website yang bagus dengan biaya seminim mungkin, gratis kalau bisa. Hal ini dimungkinkan dengan adanya berbagai tool website builder gratis seperti Blogspot (www.blogspot.com/www.blogger.com) atau WordPress (www.wordpress.com). Dua tool tersebut telah sangat banyak digunakan user, namun tidak berarti tidak ada tool lain yang dapat diandalkan.

Gratis No, Investasi Yes

Sebenarnya tidak ada yang benar-benar gratis, termasuk jika Anda membuat website dengan tool gratis. Semuanya perlu dibayar, walaupun pengertian membayar tidak hanya diukur dengan uang/materi, tetapi juga waktu dan usaha yang dikerahkan.

Membuat website tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak sekali hal yang harus dianalisis dan dipertimbangkan. Misalnya apa saja kebutuhan website, fitur, desain database, atau theme. Juga perhitungkan alasan mengapa Anda lebih memilih sebuah tool tertentu dibanding tool lainnya. Semua waktu dan usaha initidak gratis namun juga tidak sia-sia, karena akan menjadi investasi dalam bentuk keahlian dan pengetahuan.

Artikel ini akan membahas bagaimana membangun website dengan tiga tool website builder yang mungkin bukan pilihan yang mainstream di Indonesia. Ketiga tool tersebut adalah Weebly, Wix (Wix.com), dan Webnode. Jika Anda memerlukan website builder yang mudah digunakan dan tetap dapat menghasilkan website berkualitas, Anda perlu mempertimbangkan pilihanpilihan ini.

Weebly

Weebly memungkinkan Anda membuat website dengan menggunakan drag and drop mouse sehingga mudah dalam penggunaannya. Ini dimungkinkan karena Weebly memang dirancang berbasis widget. Weebly gratis digunakan, namun Anda dapat mengupgradenya untuk mendapatkan fitur lebih. Fitur-fitur upgrade yang ditawarkan antara lain integrasi penuh eCommerce untuk bisnis dan toko online, email marketing, dan lain-lain.

Untuk mulai membuat website dengan Weebly, Anda dapat mengunjungi www.weebly.com dan melakukan registrasi dengan klik Sign Up. Anda dapat melakukan registrasi dengan menggunakan akun Facebook atau Google yang telah Anda miliki, ataupun registrasi melalui e-mail.

Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk memilih theme yang tersedia. Weebly memiliki cukup banyak theme yang menarik yang terbagi dari beberapa kategori, yaitu:

Online store.
Business.
Portfolio.
Personal.
Event.
Blog.
Other.

Pilih theme yang Anda inginkan, maka akan tampil template theme yang menampilkan contoh konten lengkap dengan menunya. Anda dapat memodifikasinya dengan klik tombol Start Editing

Selanjutnya Anda dapat menenentukan nama domain. Terdapat tiga pilihan untuk domain:

Menggunakan subdomain Weebly. com.
Registrasi domain baru.
Menggunakan domain yang sudah dimiliki.

Pada contoh ini, penulis menggunakan subdomain yaitu http://warungonlinekomplit.weebly.com. URL ini tidak bisa langsung diakses hingga Anda mempublishnya.

Sekarang saatnya membangun website Anda, tampilan utama dashboard Weebly. Sekilas agak rumit, tapi percayalah hanya dengan menyisihkan sedikit waktu mencoba menu dan pilihan yang tersedia, Anda akan dengan cepat menguasai dan memahaminya.

Menu-menu utama Weebly terlihat pada menu horizontal pada bagian atas, yaitu:

Build
Di sini Anda dapat menambahkan widget-widget yang terdapat pada panel sebelah kiri, seperti Title, Text, Image, Map, Gallery, Slideshow dan seterusnya. Cukup dengan drag and drop widget tersebut pada posisi yang Anda inginkan.

Pages
Pada menu ini Anda dapat melakukan menambah, menghapus, atau mengedit halaman.

Theme
Menu ini berisi berbagai fasilitas untuk memodifikasi theme seperti mengubah font, warna, dan opsi-opsi lain yang terdapat pada theme.

Store
Ini adalah menu terpenting bagi Anda yang membuat website toko online dengan Weebly. Melalui menu ini Anda dapat memasukkan kategori dan produk, serta mengatur berbagai konfigurasi seperti pembayaran, mata uang, pengiriman, dan seterusnya.

Apps
Melalui menu ini Anda dapat menambahkan aplikasi tertentu pada website Anda, kurang lebih seperti plugin seperti pada WordPress. Aplikasi-aplikasi ini ada yang gratis juga ada yang berbayar.

Settings
Berfungsi untuk mengatur berbagai hal seperti judul website, bahasa (namun belum mendukung bahasa Indonesia), SEO, user (Editor dan Member), dan lain-lain.

Help
Sesuai namanya, menu ini mengarahkan Anda pada halaman help (support center).

Sayangnya Weebly belum mendukung mata uang rupiah. Ini menjadi kelemahan bagi Anda yang ingin membuat toko online dengan Weebly, kecuali Anda menjual produk dengan mata uang lain seperti US dollar. Namun yang pasti, pembuatan website dengan platform Weebly ini sangatlah mudah. Ditambah lagi dengan kelebihan seperti unlimited storage yang artinya Anda dapat mengupload file sebanyak mungkin. Contoh akhir website yang telah dipublish dan dapat diakses oleh publik.

Wix

Satu tool website builder lainnya yang juga mudah digunakan adalah Wix. Mirip dengan Weebly, Wix juga mengandalkan drag and drop untuk pengaturan website dan juga didukung oleh aplikasi pihak ketiga.

Wix saat ini berbasis HTML5, menggantikan teknologi lama mereka yang menggunakan Adobe Flash. Bagi Anda yang telah mencoba Weebly, akan banyak menemui kesamaannya. Dimulai dengan mengunjungi www.wix. com dan login dengan menggunakan akun Facebook atau Google, atau registrasi dengan menggunakan email. Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk menentukan jenis website yang ingin dibuat. Pilihan-pilihan yang tersedia adalah Business, Online Store, Photography, Music, Designer, Restaurant & Food, Accomodation, dan seterusnya. Menariknya, masing-masing kategori ini masih memiliki sub kategori sehingga dapat mengarahkan website menjadi lebih spesifik.

Pada contoh ini akan dipilih Restaurants & Food. Langkah selanjutnya adalah memilih theme seperti terlihat pada Gambar 9. Kategori Restaurants & Food itu sendiri memiliki sub kategori yaitu Restaurant, Cafe & Bakery, Bar & Club, dan seterusnya. Pilih salah satu theme dan Anda akan diarahkan pada halaman Wix Editor Website.

Tampilan Wix Editor Website mirip dengan Weebly dari sisi fungsional, dan tentu saja, kaya widget. Sebagai contoh, pada menu kiri, klik pada tombol Add, maka akan tampil opsi-opsi widget yang dapat di-drag and drop pada halaman website.

Anda dapat memilih halaman yang ingin Anda edit. Pada template ini telah tersedia halaman:

Home.
About Us.
Menu.
Order Online.
Contact.
Workshop.

Anda dapat menambahkan lebih banyak lagi halaman yang diinginkan. Untuk memodifikasi halaman, arahkan mouse pada Page Menu dan pilih salah satu halaman dari daftar yang ada. Seperti juga pada Weebly, Anda dapat dengan mudah mengganti teks, mengupload gambar, dan lain-lain.

Setelah Anda selesai mengerjakan website dan mempublishnya, maka website Anda dapat diakses oleh siapa pun, hanya saja pada website yang dibuat dengan Wix versi gratis terdapat iklan yang tidak dapat dihapus/ubah kecuali Anda melakukan upgrade.

Webnode Website builder terakhir yang akan dibahas pada artikel ini adalah Webnode (www.webnode.com) . Dibandingkan Weebly dan Wix, Webnode jauh lebih sederhana, namun karena itu Anda dapat membuat website dengan lebih cepat lagi. Namun tentu tidak sefleksibel Weebly maupun Wix.

Webnode hanya menyediakan 3 jenis website, yaitu Personal, Business, dan eCommerce. Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan menentukan nama sub-domain yang diinginkan (domain utamanya adalah webnode. com), email, dan password. Selanjutnya mirip dengan Weebly maupun Wix, Anda dapat memilih theme yang tersedia.

Setelah memilih template, Anda dapat memodifikasinya lebih lanjut. Contohnya jika Anda ingin menambahkan halaman, pilih menu Pages dan pilih template halaman yang diinginkan. Webnode menyediakan berbagai template halaman yang siap pakai seperti Photo Gallery, About UsProducts, Price List, dan seterusnya.

Mana yang Terbaik?

Tool mana yang terbaik dari tiga website builder yang telah dibahas di atas? Ini adalah pertanyaan sulit karena definisi terbaik itu sendiri beragam. Jika berdasarkan kecanggihan fitur, barangkali Wix adalah pemenangnya.

Namun sebagai user, pengertian terbaik adalah yang sesuai kebutuhan. Misalnya Anda ingin memiliki blog personal dengan cepat, menggunakan Webnode akan lebih mudah. Ini didukung menu-menu pada Webnode juga lebih sederhana dibandingkan dengan Weebly dan Wix.

Terkadang Anda juga dapat menilainya saat mencoba tool tersebut. Katakanlah Anda sedang bereksperimen dengan Weebly, Anda menemukan fitur-fitur yang selama ini Anda cari, maka Weebly adalah yang terbaik untuk Anda. Bagaimanapun, tetap ikuti perkembangan teknologi dan jangan menutup kemungkinan migrasi atau berpindah ke tool lain jika memang diperlukan.

Tutorial diatas saya anggap cukup untuk membantu teman-teman yang mempunyai keinginan untuk membuat halaman website namun tidak punya kemampuan untuk mendesain dan mengelolanya, terima kasih dan mudah-mudahan bermanfaat.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser