Cara Menambah Script Notifikasi Email Tanggapan Formulir Spreadsheet

PropellerAds
Keberhasilan kita dalam membuat sebuah kolom Tanggapan Formulir Pendaftaran dalam Bentuk Spreadsheet, maka kita coba lanjutkan dengan Menambahkan Script Notifikasi Email Tanggapan Formulir Spreadsheet yang bertujuan untuk mengetahui setiap kali ada responden yang menginput data pada kolom spreadsheet yang telah diintegrasikan dengan Form pada Google Formulir dan secara otomatis akan memberitahu kita melalui pesan masuk pada inbok e-mail.

Dengan mengaktifkan script ini, maka kita tidak selalu direpotkan dengan harus mengecek email tiap hari karena barangkali ada yang input data pada formulir yang telah kita siapkan.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat kolom ini adalah masuk ke Google Drive dengan menggunakan akun Gmail seperti pada tahap pembuatan formulir pendaftaran.

setelah masuk dan mendapatkan file formulir yang telah berhasil kita buat, maka klik kanan pada file formulir tersebut dan buka menggunakan Google formulir, maka setalah itu halaman baru akan terbuka.

Pada bagian atas formulir, tepatnya dibawah header terdapat tulisan PERTANYAAN dan TANGGAPAN, klik pada TANGGAPAN dan halaman akan terbuka, karena kita telah berhasil membuat kolom tanggapan dalam bentuk spreadsheet, maka klik pada tanda plus + untuk melihat hasilnya dan dilanjutkan pada proses penambahan Script Notifikasi Email.

Setelah formulir tanggapa terbuka, maka tahap selanjutnya adalah menambahkan script dangan cara klik tulisan Alat atau Tool yang terletak dibaris atas formulir, tepatnya dibawah nama formulir tersebut..

Setelah itu gulir kebawah dan klik pada Editor script sehingga akan memunculkan halaman baru yang berisi proyek script kosong dan harus kita isi dengan script notifikasi e-mail pemberitahuan pada akun yang kita pakai.

Beri nama judul dari halaman Editor script yang akan kita edit dengan cara klik pada tulisan tanpa judul disisi kiri atas halaman tersebut.

Letakkan script notifikasi berikut pada halaman Editor script:

function emailNotification(e){
var name=e.values[1];
var emailAddress=e.values[11];
var email="riskyzubaidi@gmail.com";
var subject="Pendaftar Baru Atas Nama "+name;
var message="FORMULIR PENDAFTARAN SISWA BARU di goo.gl/UYPTa4 sudah ada pendaftar baru atas nama "+name+" dengan alamat e-mail "+emailAddress;

MailApp.sendEmail(email,subject,message);
}

Pada teks box riskyzubaidi@gmail.com bisa diganti sesuai dengan alamat e-mail yang digunakan.

Setelah itu klik tanda Disket yang berada di bawah judul dari halaman Editor script.

Kemudian klik Pemicu proyek saat ini dengan logo Tanda jam yang berada tepat disamping tanda Disket.

Kotak dialog baru akan terbuka yang berisi tulisan Current project's triggers dan klik pada teks No triggers set up. Click here to add one now.

Pada bagian ini akan muncul dua opsi yaitu Run dan Events, pada bagian events dirubah menjadi From spreadsheet dan On form submit.

masih dihalaman yang sama, klik teks nitification dan akan memunculkan dialog baru yaitu Execution failure notifications, rubah daily menjadi immediately.

Kemudian klik OK dan Save.

Setelah itu akan muncul notifikasi yang berisi Authorization required, klik pada Review Permissions dan kotak dialog baru akan terbuka untuk Pilih akun yang akan dipakai untuk menerima Notifikasi Email Tanggapan Formulir Spreadsheet.

Kemudian klik pada akun anda dan klik lagi pada teks lanjutan yang berada disisi kiri bawah dialog dan setalah itu akan muncul tulisan (tidak aman) yang berada dibaris paling bawah, klik pada tulisan tersebut dan akan memunculkan lagi halaman baru yang merupakan langkah terakhir untuk memberikan akses pada Script Notifikasi menggunakan drive pada akun e-mail anda.

Pada dialog ini ada dua pilihan yitu batal atau izinkan, silahkan anda klik pada teks izinkan dan kemudian klik Save.

Sampai pada bagian ini, berarti kita sudah berhasil Menambah Script Notifikasi Email Tanggapan Formulir Spreadsheet dan kita harus bersiap-siap untuk menerima e-mail pemberitahuan formulir yang telah kita buat, apabila ada responden yang mengisi data dan secara otomatis e-mail akan masuk pada akun anda. Selamat mencoba dan silahkan dicoba.

Demikian pembahasan Cara Menambah Script Notifikasi Email Tanggapan Formulir Spreadsheet, mudah-mudahan berguna bagi kelangsungan lembaga. Saran dan kritik selalu saya tunggu, karena kemajuan sebuah blog tidak akan berguna apabila semua hanya DIAM dan PERPANGKU TANGAN, terima kasih.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser