Aplikasi Pencatat, Pengingat dengan Kolaborasi Lengkap Alternatif Bagi Si Pelupa

PropellerAds
Aplikasi pencatat Android dengan fitur lengkap yang sangat membantu kegiatan dan meningkatkan produktivitas kerja setiap hari. Anda termasuk orang yang pelupa seperti penulis? Atau di saat-saat penting dikala harus mencatat sesuatu ditengah perbincangan dengan teman atau menelpon, bingung kelabakan mau mencatat di mana? Nah aplikasi Google Keep ini adalah aplikasi pencatat yang bisa dibilang super lengkap yang tentunya sangat berguna untuk di pakai sehari-hari. Kenapa sangat cocok? yuk kita bahas satu persatu.

Di beberapa situs web terkenal seperti suara.com/, okezone.com/, merdeka.com/, kapanlagi.com/, liputan6.com/, kompas.com/, detik.com/, tribunnews.com/, www.tempo.co/, kompiajaib.com, arlinadzgn.com, idntheme.com, gigapurbalingga.net, inilah.com/, mayangkaranews.com/, antaranews.com/, jawapos.com/, metrotvnews.com/, sindonews.com/, inipasti.com/, www.bola.net/, www.viva.co.id/, www.republika.co.id/, jalantikus.com/ tidak akan membahas hal-hal kecil seperti ini namun pada halaman ini saya coba kupas untuk dijadikan pembelajaran pribadi.

ALAT PENCATAT YANG TANGGUH

Kegiatan yang cukup sering dilakukan adalah kegiatan pencatatan. Mencatat barang belanja bulanan, belanja gadget, aksesoris online, ataupun pencatatan aktivitas yang akan dilakukan dalam waktu dekat atau yang istilah umumnya To-Do List, atau pun pencatatan disaat kritis seperti pencatatan nama alamat, nama barang, ataupun nama dan nomor telpon secara cepat.

1 SEBAGAI TEXT-NOTES

Kita bisa mengetikkan berbagai pencatatan baik dengan teks biasa seperti kita mengetik di Microsoft Word.

2 SEBAGAI TO-DO LIST

Buat yang biasa berbelanja bulanan, sebulan sekali, aplikasi ini sangat cocok karena bisa di “centang”/ “coret” jika sudah di ambil dan dimasukkan ke keranjang belanja. Atau pun yang bisa punya “PR” banyak di rumah atau di kantor, akan sangat membantu, daripada diingat2-ingat di kepala saja pasti akan ada yang terlupa :).

3 SISIP, SALIN, TEMPEL GAMBAR/ FOTO (INSERT, COPY-PASTE, WEB CLIP)

Jika kita sedang berselancar di Web ataupun di media sosial kemudian kita menemukan hal yang menarik , dan kita ingin merekam sebagian porsi dari halaman tertentu, ataupun objek tertentu saja, maka kita bisa menggunakan metode Copas (Copy-Paste) di Google keep ini. Selain itu bisa juga dengan memasukkan gambar melalui sisip (insert) gambar yang sudah ada di Gallery.

4 MENGGAMBAR / MENCORET- CORET (DRAWINGS)

Terkadang menggambar lebih cepat dan lebih mudah dibanding harus menerangkan dan menuliskan dalam bentuk teks. Di Google Keep ini kita dimudahkan dalam membuat “corat-coret” , yang dapat dilakukan dari lembar kosong, ataupun dari screen capture atau dari photo yang kemudian kita berikan anotasi dan warna sesuai yang kita inginkan. Menarik bukan ? tentunya fitur ini salah satu fitur yang sangat dihandalkan bagi yang bekerja di lapangan, dan sering membuat laporan langsung, untuk dikirim via media Chat atau Messenger, seperti Whatsapp , BBM, dan lain-lain.

5 PENGINGAT (REMINDER)

Yang itu sudah dicatat, yang satu lagi juga sudah. Nah tinggal masalahnya setelah dicatat, suka lupa waktunya. Nah enaknya di Google Keep ini, selain kita bisa mencatat apa saja, kita juga men-set waktu pengingatnya juga. Contoh: di notes kita tulis “jangan lupa upload video ke youtube”. Nah kita tinggal set saja waktunya yang sesuai kita mau, misalkan kita akan upload jam 8 malam, tinggal kita set remindernya ke jam 20.00 .

6 REKAM SUARA (VOICE NOTES)

Apakah Anda termasuk orang yang sering punya ide/gagasan disaat sedang berkendara? Pasti anda akan kesulitan ingin mencatatnya. Dengan adanya fungsi Rekam suara ini akan memudahkan kita dalam mencatat tanpa harus mengetik. Jadi berkendara tetap aman terkendali, dan juga ide/gagasan tidak hilang.

7 COPY TO GOOGLE DOCS

Jika pencatatan akan dilanjutkan untuk penulisan yang lebih detail lagi bisa di lanjutkan ke Google Docs. (seperti yang penulis lakukan) . Caranya adalah dengan memilih menu Copy to Google Docs. Tapi mohon dicatat, fitur Copy to Google Docs ini hanya muncul google keep versi desktop.

8 MEDIA KOLABORASI YANG CUKUP HANDAL

Selain sebagai media untuk pencatatan , google keep ini juga dapat dipakai sebagai media untuk kolaborasi dalam sebuah proyek, ataupun untuk pembahasan mengenai tugas tertentu, ataupun lainnya. Misalnya : kita sedang makan siang, tiba-tiba teringat akan suatu ide bagus, di mana ide ini akan sangat membantu dalam proyek baru yang sedang di terima di kantor bersama rekan satu tim. Nah kita bisa langsung mencatatnya ide tersebut di Google Keep ini sebagai notes biasa , entah dalam bentuk teks, ataupun Drawings, ataupun apa saja seperti yang telah disebutkan diatas sebelumnya. Setelah itu jika kita sedang berada di versi handphone kita bisa langsung memilih menu di sebelah kanan bawah dan pilih Collaborator. Sedangkan untuk versi Desktop dapat kita lakukan dengan menekan icon Collaborator pada bagian kiri bawah.

9 FITUR LAIN

Beberapa fitur lain seperti shortcurt dan label juga turut dimasukkan ke dalam Google Keep ini untuk lebih mempermudah dan mempercepat dalam merapikan pencatatan.

Selain itu keunikan dari Google Keep adalah dikarenakan pencatan bersifat realtime dan sinkronisasi dengan server Google, maka pencatatan dapa dilakukan secara dua arah, baik versi Desktop atau Mobile, Secara simultan. Fitur ini sangat berguna disaat ingin membuat catatan perjalanan ataupun lainnya sebelum kita berangkat.

KESIMPULAN

Penggunaan Smartphone yang semakin banyak terutama di daerah perkotaan, membuat Smartphone sebagai barang wajib yang harus di bawa setiap hari untuk digunakan sebagai media komunikasi, baik itu untuk melakukan panggilan, mengirim pesan,media sosial, ataupun berselancar. Namun sayangnya penggunaan Smartphone sebagai media pencatatan/rekam yang untuk meningkatkan produktivitas tampaknya masih agak jarang dilakukan. Untuk itulah Google Keep hadir sebagai salah satu aplikasi yang diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas , dan aktivitas sehari-hari. Sedikit saran dari penulis, jika ingin merapikan notes sebaiknya dilakukan di versi Desktop karena lebih leluasa dan mudah. Dan yang paling penting masih bisa melakukan Undo/Redo jika ada salah ketik dengan menekan tombol Ctrl+Z/ Shift+Ctrl+Z pada keyboard.


Demikian pembahasan singkat tentang Aplikasi Pencatat, Pengingat dengan Kolaborasi Lengkap Alternatif Bagi Si Pelupa. Mudah-mudahan akan memberikan manfaat bagi kita semua, jangan lupa masukan berupa saran, kritik atau sekedar komen selalu saya tunggu dan tak lupa selalu saya ucapkan terima kasih.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser