Cara Sederhana Membedakan Berita Hoax dan Bukan Hoax

PropellerAds
Ada banyak informasi yang tersedia dan beredar di Internet, terutama di media sosial yang belakangan ini sangat meresahkan dan membuat beberapa kalangan agak trauma, terutama bagi mereka yang notabene masih baru dalam menggunakan media sosial.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kita gunakan dalam mencari dan menguji kebeneran dari sebuah informasi yang sedang berdar dalam satu waktu daintaranya adalah:

1. Carilah sumber lain dari subtopik berita tersebut.

Cara ini merupakan cara sederhana namun sangat efektif dalam menggali informasi tentang keberadaan sumber berita yang sedang kita cari, misalnya kita gunakan search google dengan memasukkan judul berita yang ingin kita gali kebenarannya, namun dengan metode lain atau sumber lain.

Pada intinya kita jangan hanya berpatokan pada media atau aplikasi dimana kita membaca sumber bertita tersebut, misalnya dari facebook, whatsappinstagram, twitter dan lain-lain, selalu saya sarankan carilah sumber berita lain dengan judul yang sama terutama selalu gunakan google.com.

2. Berprasangka baik dan gunakan akal pikiran secara baik

Prasangka akan membuat kita malah terseret lebih jauh kedalam berita yang sedang beredar. Saya contohkan berita yang saat ini sedang panas di media sosial adalah kasus penculikan anak, apakah kasus itu benar atau atau tidak, coba kita sikapi dengan lebih bijaksana misalnya kita cari sumber berita yang memang selalu memuat berita terkini misalnya suara.com/, okezone.com/, merdeka.com/, liputan6.com/, kompas.com/, detik.com/, tribunnews.com/, www.tempo.co/, inilah.com/, mayangkaranews.com/, antaranews.com/, jawapos.com/, metrotvnews.com/, sindonews.com/, www.republika.co.id/ dan beberapa sumber lainnya yang memang merupakan sumber yang kompeten dan terpercaya.

Untuk lebih mudah dan menyederhanakan pencarian judul berita yang ingin kita telusuri sumber-sumber kebenarannya, selalu saya tekankan gunakan google, jangan gunakan media sosial seperti facebook, whatsappinstagram, twitter sebagai sumber acuan untuk membenarkan barita yang beredar.

Demikian pembahasan singkat tentang Cara Sederhana Membedakan Berita Hoax dan Bukan Hoax. Mudah-mudahan akan memberikan manfaat bagi kita semua, jangan lupa masukan berupa saran, kritik atau sekedar komen selalu saya tunggu.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser