Cara Mengubah Partisi Harddisk GPT ke MBR atau MBR ke GPT

PropellerAds
GPT merupakan kependekan dari kata Guide Partition Table yang memberikan keistimewaan pada Hardisk, partisi dengan tipe GPT biasanya digunakan untuk BIOS jenis UEFI agar memberikan keleluasaan pada sistem, GPT mempunya kelebihan dapat mempartisi HDD atau perangkat penyimpanan lebih dari 2 TB.

MBR atau Master Boot Record adalah tipe spesial dari boot sector saat pertama kali membuat partisi pada Harddisk komputer. MBR menyimpan informasi tentang logical parisi yang di dalamnya tersimpan file system. Kemampuan partisi tipe MBR maksimal hanya 2 TB.

Sebelum melangkah pada proses perubahan partisi GPT ke MBR, alangkah baiknya untuk mem-Backup semua data yang ada pada Hardisk yang akan dirubah partinya. Ini sangat penting karena proses perubahan GPT ke MBR akan memformat keseluruhan isi Hardisk itu berarti semua file akan hilang.

Saat install fresh windows dengan partisi yang berbeda misal: dari GPT ke MBR atau sebaliknya, maka yang akan terjadi adalah disk tidak akan menerima file yang akan diinstall dengan pesan style partisinya tidak cocok.


Cara mengatasinya adalah dengan membuka comad prompt (cmd) dengan menekan tombol shift + F10.

Selanjutnya halaman cmd terbuka dan masukkan perintah diskpart lalu tekan enter.

Coba lihat hardisk anda setelah masuk ke diskpart dengan memasukkan perintah list disk, tekan enter dan akan tampil partisi dari hardisk, tanda * merupakan ciri-ciri partisi GPT.

Langkah selanjutnya adalah memilih hardisk yang akan dirubah partisinya dengan perintah select disk 0 atau yang sesuai dengan hardisk yang menjadi target, tekan enter.

Masukkan perintah clean, lalu tekan enter.

Masukkan perintah convert mbr untuk merubah partisi menjadi MBR atau sebaliknya GPT, tekan enter.


Setelah semua langkah diatas dilalui dengn benar pastinya partisi hardisk anda sudah merubah dan sudah siap untuk install fresh windows di mulai. Beberapa situs Web/blog yang menjadi kebanggaan kami, seperti suara.com/, okezone.com/, merdeka.com/, kapanlagi.com/, liputan6.com/, kompas.com/, detik.com/, tribunnews.com/, www.tempo.co/, kompiajaib.com, arlinadzgn.com, idntheme.com, gigapurbalingga.net, inilah.com/, mayangkaranews.com/, antaranews.com/, jawapos.com/, metrotvnews.com/, sindonews.com/, inipasti.com/, www.bola.net/, www.viva.co.id/, www.republika.co.id/, jalantikus.com/ tentunya sudah sering membahas mengenai hal-hal seperti diatas, namun secara terpisah kami sajikan dengan model penyampaian yang lebih sederhana dalam penggunaan bahasa dengan harapan mudah dipahami dan bisa di realisasikan secara optimal.

Demikian pembahasan singkat tentang Cara Mengubah Partisi Harddisk GPT ke MBR atau MBR ke GPT. Mudah-mudahan akan memberikan manfaat bagi kita semua, jangan lupa masukan berupa saran, kritik atau sekedar komen selalu saya tunggu dan tak lupa selalu saya ucapkan terima kasih.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser