Cara Mendapatkan Informasi Sesuai Keinginan dengan Pemanfaatan Search Engine

PropellerAds
Ada banyak informasi yang tersedia di Internet, tapi bagaimana Anda menemukan secara spesifik apa yang Anda cari? Search engine bisa mencari berdasarkan judul, kata kunci, atau teks. Anda dapat memaksimalkan potensi search engine dengan mengenali bagaimana mereka bekerja, dan bagaimana menggunakannya secara cepat dan efektif. Tantangannya adalah memasukkan kata kunci dengan cara yang benar, sehingga Anda tidak kewalahan karena hasil pencarian yang terlalu banyak, atau kecewa karena hasil pencarian terlalu sedikit atau bahkan tidak menemukan apa yang Anda butuhkan. Ini merupakan masalah keterampilan, dan seperti kebanyakan keterampilan lainnya, praktek membuat sempurna! Sebelum melakukan pencarian, penting untuk menentukan topik Anda selengkap dan seringkas mungkin. Tuliskan informasi apa yang Anda cari, mengapa Anda mencarinya, dan apa yang tidak ingin dicari. Hal ini akan membantu Anda untuk menemukan kata kunci terbaik untuk melakukan pencarian.

KATA KUNCI

Ada search engine yang bisa menggunakan pertanyaan untuk melakukan pencarian, tapi sebagian besar bisa bekerja lebih baik jika Anda memberikan beberapa kata kunci. Lalu bagaimana menentukan kata kunci yang akan memberikan hasil pencarian terbaik? Sebagian besar pengguna memasukkan satu sampai lima kata kunci per pencarian, yang sebenarnya kurang cukup untuk melakukan pencarian yang efektif.

Sebaiknya gunakan enam sampai delapan kata kunci maksimal, yang dipilih secara seksama dan sebaiknya kata benda dan obyek benda. Hindari kata kerja dan gunakan pengubah hanya ketika itu membantu Anda untuk menemukan objek lebih tepat, misalnya ”keju cheddar” daripada ”keju”. Sekarang setelah memiliki kata kunci. Bagaimana memasukkannya ke dalam search engine?

GUNAKAN FRASE

Kombinasi kata kunci yang paling kuat adalah frase. Frase adalah kombinasi dari dua kata atau lebih yang harus ditemukan dalam dokumen yang Anda cari dengan susunan persis seperti yang dimasukkan. Masukkan frase ”keju cheddar” ke search engine dalam tanda kutip. Beberapa search engine menyediakan opsi khusus untuk frase. Namun, perlu kita ingat, bahwa tidak semua search engine memperbolehkan penggunaan frase dalam tanda kutip. Periksa bagian ”Help” search engine yang Anda gunakan untuk memastikannya.

GUNAKAN ISTILAH UNIK UNTUK HASIL LEBIH SPESIFIK

Kata-kata yang Anda pilih akan menentukan informasi yang Anda temukan. Karena beberapa kata umumnya memiliki lebih dari satu arti, jadi harap maklum jika hasil pencarian tidak sesempurna seperti yang Anda harapkan. Meskipun demikian, cobalah untuk menggunakan kata-kata yang spesifik dan mendeskripsikan apa yang Anda cari.

MENGATUR PENCARIAN (GOOGLE)

Ada beberapa cara lainnya untuk membatasi hasil pencarian dan mempersingkat waktu pencarian Anda:

TANDA PLUS (+)

Seperti disebutkan sebelumnya, stop words biasanya diabaikan oleh search engine. Tanda plus memberitahu search engine untuk memasukkan stop words dalam hasil pencarian. Sebagai contoh, tinggi +dan pendek akan menampilkan hasil yang menyertakan kata dan.

TANDA TILDE (~)

Sertakan tilde di depan kata untuk mendapatkan hasil yang mencakup sinonim. Tanda tilde tidak bekerja untuk semua kata dan kadang-kadang tidak bekerja sama sekali. Pencarian ~CSS mencakup sinonim style dan menampilkan hasil berupa halaman-halaman mode yang terkait dengan style- bukan hasil yang ingin Anda harapkan ketika mencari CSS. Contoh lain adalah gunakan ~HTML untuk mendapatkan hasil HTML dengan sinonimnya; ~HTML -HTML untuk mendapatkan sinonim hanya untuk HTML.

TANDA WILDCARD (*)

Google menyebutnya tanda ”isi yang kosong.” Sebagai contoh, hiburan* akan menampilkan halaman yang berisi kata hiburan dan istilah lain yang dianggap relevan oleh search engine Google. Anda tidak dapat menggunakan Wildcard untuk bagian dari kata. Sebagai contoh, hiburan m* tidak valid.

OPERATOR OR (OR) ATAU (|)

Gunakan operator ini untuk menampilkan hasil dengan salah satu dari dua kata kunci. Misalnya sukacita bahagia akan menampilkan halaman yang berisi sukacita dan bahagia, sementara sukacita| bahagia akan menampilkan halaman yang berisi sukacita atau bahagia.

KISARAN ANGKA

Anda dapat memperinci pencarian yang menggunakan angka supaya menampilkan rentang tertentu, tapi Anda harus menyebutkan unit pengukuran. Sebagai contoh, Windows 2011..2016, laptop $300..$700.

Pencarian di Situs Yang Bersangkutan Banyak situs memiliki fitur pencarian situs mereka sendiri, tapi Anda mungkin menemukan, bahwa pencarian situs Google menghasilkan lebih banyak. Ketika melakukan penelitian, yang terbaik adalah pergi langsung ke sumbernya, dan pencarian situs adalah cara yang bagus untuk melakukan itu. Sebagai contoh, site:www.intel.com processor technology.

SITUS YANG BERHUBUNGAN

Sebagai contoh, related: www.youtube.com dapat digunakan untuk menemukan situs yang mirip dengan YouTube.

UBAH PREFERENSI ANDA

Preferensi pencarian dapat diatur dengan mengeklik tombol gerigi di sebelah kanan, Search settings, Never show Instant results. Ubah Result per page ke angka yang Anda inginkan.

PENCARIAN LEBIH TERINCI

Klik tombol gerigi, Advanced search pada halaman Google atau pada hasil pencarian untuk melakukan pencarian lebih terinci berdasarkan tanggal, negara, jumlah, bahasa, atau kriteria lainnya.


GUNAKAN DIREKTORI

Direktori, seperti apa yang digunakan oleh Yahoo, mengelompokkan situs ke dalam kategori. Gunakan kategori ini untuk memfokuskan pencarian Anda.

GUNAKAN METASEARCH DAN BAHASA ALAMI

Tool MetaSearch, seperti StarPage (https://www.ixquick.com/) dan Surf- Wax (http://lookahead.surfwax.com/) merupakan tool yang baik untuk memulai penelitian Anda. Meskipun hasilnya jarang sebaik search engine populer, Metasearch cocok untuk memperdalam suatu topik dan mengumpulkan kata kunci dan informasi lainnya. Setelah menggunakan tool MetaSearch, pertajam hasil pencarian dengan menggunakan tool pencari lainnya.

Pencarian dengan bahasa alami seperti pada AskJeeves (http://www.aj.com/) bisa digunakan untuk melakukan pencarian dalam bentuk pertanyaan. Menerjemahkan pencarian dalam bentuk pertanyaan seringkali membantu untuk mempertajam informasi yang ingin Anda dapat.

GUNAKAN TANDA MINUS (-) UNTUK MEMPERSEMPIT PENCARIAN

Berapa kali Anda mencari suatu kata dan search engine menampilkan hasil yang sama sekali tidak terduga? Kata yang mempunyai beberapa arti dapat mendatangkan banyak hasil yang tidak diinginkan. Tanda minus dapat menghilangkan itu dengan mempersempit pencarian. Ia ekivalen dengan Boolean NOT. Sebagai contoh, ketika mencari caterpillar, Anda bisa saja mendapatkan Caterpillar Inc.. Gunakan caterpillar -Inc untuk mengeluarkan hasil yang berhubungan dengan perusahaan atau caterpillar –Inc -cat untuk lebih mempersempit pencarian.

JANGAN MENGGUNAKAN ISTILAH UMUM DAN TANDA BACA

Istilah umum seperti a dan the disebut stop word dan biasanya diabaikan. Tanda baca juga biasanya diabaikan. Tapi ada pengecualian. Istilah umum dan tanda baca harus digunakan ketika mencari sebuah frase di dalam tanda kutip. Ada situasi di mana istilah umum seperti the bermakna signifikan. Misalnya, Raven dan The Raven menampilkan hasil yang sama sekali berbeda.

Tidak Ada Huruf Besar, Huruf Kecil Kebanyakan search engine tidak membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, meskipun dalam tanda kutip. Teknologi, TEKNOLOGI, teknologi, ”teknologi”, ”Teknologi”, semuanya sama.

SEKILAS TENTANG SEARCH ENGINE

Search engine adalah software yang memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi lokasi atau situs di Internet yang berisi kata-kata yang Anda cari. Anda bisa memasukkan satu atau beberapa kata dan meminta software untuk menjelajahi Internet mencari kata tersebut. Setiap kali kata ditemukan, alamatnya disimpan untuk ditampilkan kepada user. Ada berbagai search engine yang tersedia dan terus bermunculan.

UKURAN DATABASE MEMPENGARUHI

Kekuatan di balik setiap search engine adalah ukuran database yang digunakan. Ketika sebuah perusahaan membuat URL, ia harus mendaftarkan alamat lokasi ke search engine. Kekuatan search engine sangat tergantung pada berapa banyak URL yang tersimpan dalam database.

KECEPATAN MEMPENGARUHI

Perbandingan antara search engine saat ini tidak meyakinkan. Kecepatan search engine akan sangat beragam seiring dengan meningkatnya jumlah lokasi yang dicari. Gunakanlah search engine yang menggabungkan database yang luas dengan kemampuan pencarian cepat. Dengan adanya search engine lain yang dikembangkan, kecepatan akan menjadi semakin beragam.

TINGKAT RELEVANSI/KEYAKINAN

Kebanyakan search engine berusaha mengidentifikasi hasil yang paling mendekati pencarian Anda dengan menyediakan tingkat relevansi atau keyakinan. Masing-masing memiliki metodologi penilaian yang mencakup kriteria berikut: Jumlah kata muncul pada halaman; Seberapa unik istilah tersebut. Kata yang jarang menghasilkan skor yang lebih tinggi; dan Jumlah kata sebenarnya yang muncul.


HILANGKAN AKHIRAN

Biasanya yang paling baik adalah memasukkan kata dasar saja sehingga Anda tidak mengabaikan halaman yang relevan. Sebagai contoh, snake saja jangan snakes, move saja jangan moved. Kecuali jika Anda mencari situs yang berfokus pada tindakan pemindahan misalnya, maka masukkan keseluruhan kata moving.

MAKSIMALKAN AUTOCOMPLETE

Mempersempit kata kunci dari umum ke khusus akan menampilkan hasil pencarian yang mendekati dan cara yang paling efisien adalah menggunakan AutoComplete. Memilih kata kunci yang sesuai ketika muncul akan menghemat waktu pengetikan. Anda memiliki beberapa pilihan untuk menggunakan fitur AutoComplete.

Pertama, gunakan Google Auto- Complete. Halaman awal Google yang biasa (http://www.google.com) akan menampilkan daftar saran yang diberikan oleh search engine Google. Opsi ini berguna untuk menemukan pencarian yang sama dan berhubungan. Sebagai contoh, mengetik Kentucky Fried Chicken franchise tidak hanya akan menampilkan Kentucky Fried Chicken franchise tapi juga Kentucky Fried Chicken franchise information. Kedua, gunakan AutoComplete browser. Buka http://www.google.com/webhp?complete= 0 untuk menonaktifkan fitur AutoComplete Google dan menampilkan daftar pencarian Anda sebelumnya. Hal ini sangat berguna jika Anda sudah melakukan banyak pencarian pada waktu sebelumnya. Perlu dicatat, bahwa fitur AutoComplete browser harus dihidupkan supaya cara ini dapat bekerja.

GUNAKAN HISTORIS BROWSER

Sering kali ketika mencari sesuatu dan melihat puluhan halaman tiba-tiba Anda sadar akan sesuatu yang tadinya dianggap tidak relevan. Bagaimana caranya agar bisa dengan cepat kembali ke situs yang tadi Anda lewati? Anda dapat mencoba mengingat kata-kata yang sebelumnya digunakan untuk mencari dan kemudian melihat hasilnya untuk mendapatkan situs yang tepat. Namun, ada cara yang lebih mudah. Jika Anda dapat mengingat tanggal dan waktu pencarian, Anda dapat mencari halaman Web di historis Web browser.

MELIHAT HISTORIS PENCARIAN

Semua empat Web browser yang paling populer di dunia - Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome dan Safari - memungkinkan Anda untuk melihat historis pencarian, untuk melihat situs yang baru-baru ini dikunjungi atau beberapa minggu sebelumnya. Bagi orang-orang tertentu bisa melihat historis pencarian memberikan beberapa manfaat. Bagi orang tua dan guru, ini merupakan cara efektif untuk memastikan anak-anak tidak melihat situs yang tidak pantas, dan jika Anda adalah tipe pelupa, dengan historis Anda bisa kembali mengunjungi halaman tanpa harus mengingat alamatnya.

INTERNET EXPLORER

Buka Internet Explorer. Klik icon Favorites bergambar bintang kuning pada toolbar browser. Klik tab History. Pilih periode tanggal atau waktu yang ingin Anda lihat.

MOZILLA FIREFOX

Buka Mozilla Firefox. Di bagian atas jendela Firefox, klik Menu yang bergambar tiga garis horizontal, arahkan kursor ke History dan pilih Show All History. Pilih jangka waktu yang ingin Anda lihat, atau ketik kata kunci ke dalam kotak pencarian untuk mencari halaman tertentu.

GOOGLE CHROME

Buka Google Chrome. Di bagian kanan atas, klik Menu yang bergambar tiga garis horizontal. Klik tab History and recent, History. Pilih periode waktu, atau gunakan Search history untuk mencari halaman yang ingin Anda kunjungi kembali.

SAFARI

Buka Safari. Klik History, Show History, lalu ketik di bagian Search yang terletak di bagian bawah jendela.


GUNAKAN BEBERAPA SEARCH ENGINE

Setiap search engine berbeda dan akan memberikan hasil yang berbeda. Jika Anda tidak dapat menemukan apa yang dicari dengan search engine pertama, ada banyak search engine lain di luar sana yang mungkin dapat memberikan informasi lebih lanjut.

KENALI SEARCH ENGINE ANDA

Kadang Anda hanya menggunakan fitur yang paling menonjol. Namun, kebanyakan search engine memiliki berbagai macam opsi pencarian lanjutan. Semuanya untuk keuntungan Anda dan dapat membantu membuat pencarian Anda lebih efektif. Anda bisa mencoba Google, Yahoo!, Bing, Startpage, atau Lycos.

GUNAKAN FIND ATAU CTRL-F UNTUK NAVIGASI HASIL PENCARIAN

Seringkali sulit untuk memahami mengapa sebuah situs bisa masuk dalam hasil pencarian. Fitur Find atau Ctrl-F akan mempercepat Anda dalam mencari teks di situs dan menemukan kata kunci tertentu.

Demikian pembahasan singkat tentang Cara Mendapatkan Informasi Sesuai Keinginan dengan Pemanfaatan Search Engine. Mudah-mudahan akan memberikan manfaat bagi kita semua, jangan lupa masukan berupa saran, kritik atau sekedar komen selalu saya tunggu dan tak lupa selalu saya ucapkan terima kasih.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser