Cara Membuat Website dan Blog Sederhana untuk Lembaga Pendidikan

PropellerAds
Website adalah sebuah halaman yang dibuat dan dikelola oleh perseorangan ataupun individu untuk beberapa macam kepentingan, bisa untuk penyiaran, berita, teknologi, audio, video, pemasaran, tutorial atau sekedar untuk menyalurkan hobi dan website ini biasanya berbayar alias tidak gratis.

Sedangkan untuk versi gratis sangat banyak kita temukan dan beberapa macam diantaranya:
Blogger.com
WordPress.com
Weebly.com
Tumblr.com
Blog.com
Blogdetik.com
LiveJournal.com
Webs.com
Blogdrive.com
Wix.com

Pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai Cara Membuat Website dan Blog Sederhana untuk Lembaga Pendidikan, terutama yang bersifat gratis, kenapa saya pilih yang gratis? apakah nanti hasilnya bisa memuaskan? apakah nanti tidak kalah saing dengan yang berbayar...?
Jawabannya adalah yang gratis itu akan memiliki kelebihan tersendiri kalau kita kelola dengan baik dan dengan kemampuan yang maksimal sehingga akan menghasilkan sebuah blog yang handal dan dilirik oleh para visitor. Blogger.com adalah pilahannya dan akan kita bahas bersama sampai tuntas.

Langkah persiapan untuk membuat Blogger.com untuk lembaga pendidikan adalah menyediakan sebuah logo Lembaga dengan kualitas standard dan usahakan dengan format PNG, beberapa foto lembaga dan kegiatan, profil lembaga, lokasi lembaga, kontak person dan alamat donasi apabila lembaga juga menerima dana dari para donatur.

Langkah selanjutnya untuk membuat Blogger.com adalah sudah mempunyai akun e-mail yang diproduksi oleh Google yaitu Gmail.com.

Setelah beberapa persiapan diatas sudah teresedia, maka selanjutnya adalah buka halaman browser dan ketik https://www.blogger.com atau klik disini Blogger.com.

Setelah halaman terbuka, maka klik SIGN IN pada bagian sisi kanan atas halaman dan halaman baru akan terbuka, masukkan akun e-mail Gmail anda pada kolom yang sudah disediakan dan klik Berikutnya pada bagian kanan bawah kotak dialog.

Setelah itu halaman baru akan terbuka lagi, masukkan kata sandi anda pada kolom yang sudah disediakan dan klik Berikutnya, opsi pemulihan akun akan terbuka dan jika tidak ada yang perlu dirubah, silahkan lanjutkan dengan klik SELESAI.

Halaman baru akan terbuka lagi dan pada halaman ini akan ditampilkan nama dan foto profil anda, silahkan klik Lanjutkan ke Blogger untuk melanjutkan pada tahapan berikutnya.

"Selamat Datang" itulah kalimat yang akan tampil pertamakali setelah kita berhasil masuk pada halaman Blogger.com, ada beberapa peraturan yang harus ditaati bagi pengguna blogger pada halaman ini, anda bisa baca sampai selesai dan klik tanda X pada sudut kanan atas masing-masing kotak.

Selanjutnya klik BUAT BLOG BARU untuk memulai pembuatan sebuah halaman blog yang akan digunakan sebagai fasilitas penunjang untuk lembaga pendidikan yang anda kelola.

Kotak dialog baru akan terbuka yang berisi tentang informasi blog yang akan kita buat, mulai dari Judul, Alamat blog dan Tema.

Silahkan isi judul blog sesuai dengan nama lembaga, misal : Mata Hati, dibawahnya isi dengan alamat blog, misal : matahati.blogspot.com cukup anda tulis matahati karena blogspot.com otomatis akan ditambahkan oleh sistem.

Jika alamat blog tersedia dan ditandai dengan tanda centang pada bagian kanan kotak dialog, maka langkah berikutnya adalah memilih salah satu tema untuk blog anda, silahkan anda pilih salah satu dan klik Buat blog!.

Anda akan dibawa pada postingan blog, namun karena blog yang anda buat masih baru maka pada halaman ini ada sebuah penawaran yang ditampilkan dalam sebuah kotak dialog, untuk menelusuri domain yang cocok dengan judul blog anda dan ini tentunya domain berbayar, klik saja Lain kali.

Pada tahap ini blog sudah sukses anda buat, langkah selanjutnya adalah mengisi posting untuk pertama kalinya dengen cara klik Entri baru pada sisi kiri atas halaman blog, kenapa saya sarankan untuk membuat sebuah entri baru sebelum merubah beberapa pengaturan pada blog anda? jawabannya adalah : apabila kita langsung merubah tampilan atau tema misalnya, maka sistem kadang-kadang menganggap itu adalah sebuah kesalahan atau pelanggaran sehingga blog yang baru kita buat akan dihapus oleh sistem, itu merupakan pengalaman pribadi saya sebagai seorang blogger.

Karena pokok bahasan kali ini adalah Cara Membuat Website dan Blog Sederhana untuk Lembaga Pendidikan, maka saya sarankan untuk merubah tema blog setelah lebih dulu kita buat sebuah entri posting, supaya ada sedikit penyesuaian dengan topik lembaga.

Saya punya beberapa tema/template yang salah satunya didesain khusus untuk lembaga, anda bisa lihat dan dapatkan disini, ada dua versi dari tema ini yaitu: Free dan Premium.

Pada tema yang saya bagikan diatas, sudah tersedia tempat untuk meletakkan logo utama lembaga, foto-foto kegiatan, halaman posting, profil lembaga, donasi dan lain-lain yang nantinya akan kita uraikan satu-persatu.

Meletakkan logo lembaga pendidikan :

Logo lembaga pendidikan yang terletak pada kiri atas > Cari teks <!-- logo gambar kiri atas --> pada kerangka tema/template dan dibawahnya ada link image dengan extensi .png, ganti link tersebut dengan link logo lembaga dan ukurannya disesuaikan dengan kondisi tema/template.

Logo lembaga pendidikan yang terletak di tengah atau logo utama > Cari teks <!-- logo gambar tengah --> pada kerangka tema/template dan dibawahnya ada link image dengan extensi .png, ganti link tersebut dengan link logo lembaga dan ukurannya disesuaikan dengan kondisi tema/template, logo ini biasanya dengan ukuran lebih besar dari logo kiri atas.

Logo lembaga pendidikan yang terletak pada kiri bawah > Cari teks <!-- logo gambar kiri bawah --> pada kerangka tema/template dan dibawahnya ada link image dengan extensi .gif, memang ada sedikit perbedaan untuk logo yang terletak dikiri bawah ini, karena mengunakan logo yang bergerak dengan menggunakan file gambar flash.

Untuk merubah gambar background tengah, silahkan anda temukan teks /* Header Area */ pada badia CSS/style dan dibawahnya ada link gambar dengan extensi .jpg, ganti link tersebut dengan link gambar yang sesuai dengan kesukaan anda.

Sedangkan slider slide show tengah otomatis menampilkan gambar recent post yang ada pada entri posting.

Gambar dokumentasi terletak diantara kode <!-- mulai dokumentasi gambar --> dan <!-- akhir dokumentasi gambar -->, maka gantilah semua link gambar tersebut dengan link gambar dokumentasi yang ingin ditampilkan pada halaman dengan blog.

Isi profile terdapat dibawah teks <!-- konten halaman profile -->, silahkan anda cari teks tersebut dalam kerangka tema/template dan ganti sesuai dengan profile lembaga pendidikan yang anda kelola.

Pada bagian donasi, silahkan anda cari teks <!-- konten halaman donasi --> dan ganti semua isi konten donasi sesuai dengan data lembaga pendidikan anda.

Demikian pembahasan tentang Cara Membuat Website dan Blog Sederhana untuk Lembaga Pendidikan, mudah-mudahan berguna bagi kelangsungan lembaga. Saran dan kritik selalu saya tunggu, karena kemajuan sebuah blog tidak akan berguna apabila semua hanya DIAM dan hanya PERPANGKU TANGAN, saya sampaikan terima kasih.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser