Inilah Tujuh Pilihan Situs Web Freelance Penghasil Uang Terbaik dan Terpercaya

PropellerAds
Ada banyak situs penyalur jasa freelance yang memungkinkan Anda menghasilkan uang tanpa harus keluar rumah. Tapi sayangnya tidak semua situs memiliki sistem yang baik, terutama soal pembayaran. Banyak situs yang hanya memanfaatkan kerja keras membernya tanpa membayar sepeserpun. Berikut ini daftar situs freelance terpercaya yang bisa mengantarkan Anda menuju kesuksesan sebagai freelancer.

1. Freelancer

www.freelancer.com
www.freelancer.co.id

Menghubungkan tak kurang dari 20 juta pemberi kerja dengan para freelancers di lebih dari 247 negara membuat situs yang awalnya bernama getafreelance.com ini menjadi salah satu situs terbaik dalam penyedia jasa freelance. Di Indonesia sendiri situs ini hadir sebagai freelancer.co.id. Cara daftarnya mudah, Anda hanya tinggal login melalui akun Facebook atau Gmail, kemudian lengkapi profil semenarik mungkin. Daftar proyek disusun berdasarkan kategori dan sub katergori sehingga memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan sesuai keahlian yang dimiliki. Sistem pembayarannya fixed, artinya klien akan membayar setelah pekerjaan Anda selesai atau berkala sesuai perjanjian. Tips bagi Anda pengguna baru, disarankan untuk memasang harga murah terlebih dahulu agar lebih cepat mendapat feedback positif dari pemberi kerja. Bertindaklah proaktif dengan mengirim private message kepada pemilik proyek sambil menyertakan sample pekerjaan terbaik yang Anda punya.

2. ODesk

www.upwork.com

Secara umum, ODesk sama dengan situs penyedia jasa freelance lainnya, bedanya situs ini menawarkan 2 sistem pembayaran, yakni fixed project dan hourly project. Pada sistem hourly project berarti freelancer akan dibayar berdasarkan hitungan jam yang digunakan dalam menyelesaikan suatu proyek. Sistem ini sangat menguntungkan Anda sebagai pekerja karena lebih aman dan lebih pasti. ODesk juga memiliki sistem verifikasi klien dan freelancer yang cukup ketat untuk menghindari penipuan atau spam.

3. Elance

www.elance.com

Situs ini juga memberlakukan aturan yang lebih ketat plus adanya sistem membership berbayar untuk memaksimalkan pelayanan bagi klien maupun freelancer agar terhindar dari proyek-proyek spam. Seperti ODesk, Elance juga menyediakan proyek dengan sistem pembayaran per jam. Jika Anda ingin yang tidak berbayar, tersedia juga fitur member gratis, tentunya dengan sedikit kekurangan yakni hanya bisa memilih satu bidang proyek saja. Berhubung pengguna Elance tidak sebanyak Freelancer, Anda punya chance yang lebih besar untuk mendapatkan proyek.

4. Sribulancer

www.sribulancer.com

Mirip dengan Freelancer, bedanya SribuLancer merupakan website lokal yang lebih memudahkan Anda dalam urusan pembayaran. Tak perlu repot membuat akun PayPal dan sebagainya, upah akan ditransfer langsung ke rekening bank Anda. Situs ini menawarkan banyak bidang freelance mulai dari desain, programmer, sales, translator hingga entri data. Konsep kerjanya mirip dengan situs freelance lainnya, Anda mencari pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan, kemudian kirim porposal penawaran dan bid (harga jasa), setelah itu tunggu pengumuman melalui email apakah Anda terpilih mengerjakan proyek tersebut atau tidak. Pastikan tawaran yang Anda buat menarik perhatian dan meyakinkan agar klien mempercayakan proyeknya kepada Anda.

5. 99designs

www.99designs.com

Bagi Anda yang memiliki keahlian mumpuni di bidang graphic design, 99designs menawarkan banyak proyek menarik untuk Anda. Konsepnya berbentuk kompetisi, dimana Anda bisa mengikuti e-contest logo, business card, brocure, web app, dan masih banyak lagi, secara gratis. Anda tidak hanya akan mendapatkan reward dalam bentuk uang dengan jumlah yang fantastis saja, 99designs juga akan mem-promote Anda sebagai Gold Designer apabila Anda terbukti kreatif, aktif, dan produktif. Pembayaran akan dilakukan lewat Paypal, Moneybooker, atau Western Union setelah Anda memenangkan kontes dan menyelesaikan tugas yang diberikan.

6. Sribu

www.sribu.com

Masih satu keluarga dengan Sribulancer, Sribu dikhususkan untuk Anda para designer gambar, logo, banner, kaos, website, hingga brosur. Sama seperti 99designs, sistem kerja di Sribu juga berbentuk kompetisi. Klien memasang kontes dan para freelance berlomba-lomba untuk membuat desain sesuai dengan kriteria klien tersebut. Desain terbaik akan dipilih oleh klien dan keluar sebagai pemenang. Karena situs yang sudah memiliki ribuan klien ini asli buatan Indonesia, maka sistem pembayaran akan dilakukan melalui transfer bank.

7. Gantibaju.com

www.gantibaju.com

Website karya anak bangsa ini sekilas terlihat seperti online shop yang menjual T-shirt untuk anak-anak muda. Namun sebenarnya, gantibaju.com sepenuhnya memberikan kebebasan kepada Anda sebagai designer dalam menentukan desain kaos mana yang harus mereka buat dan jual melalui kontes yang diadakan sepanjang tahun tanpa libur. Berbeda dengan e-contest lainnya, di sini penilaiannya sangat subjektif melalui voting yang dapat dilakukan siapa saja. Pemenangnya akan mendapatkan uang tunai plus royalti dari penjualan kaos tersebut. Pada beberapa situs web terkemuka seperti suara.com/, okezone.com/, merdeka.com/, kapanlagi.com/, liputan6.com/, kompas.com/, detik.com/, tribunnews.com/, www.tempo.co/, kompiajaib.com, arlinadzgn.com, idntheme.com, gigapurbalingga.net, inilah.com/, mayangkaranews.com/, antaranews.com/, jawapos.com/, metrotvnews.com/, sindonews.com/, inipasti.com/, www.bola.net/, www.viva.co.id/, www.republika.co.id/, jalantikus.com/ mungkin sudah banyak membahas tentang hal ini, namun saya coba sajikan kembali dengan lebih sederhana dan simpel.

Demikian pembahasan singkat tentang Inilah Tujuh Pilihan Situs Web Freelance Penghasil Uang Terbaik dan Terpercaya. Mudah-mudahan akan memberikan manfaat bagi kita semua, jangan lupa masukan berupa saran, kritik atau sekedar komen selalu saya tunggu dan tak lupa selalu saya ucapkan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser