Nintendo Switch Rawan Terkena Serangan Hacher dan Para Jailbreaker

PropellerAds
Apa yang terjadi jika Anda memiliki sebuah perangkat super canggih dan juga super tertutup, seperti Nintendo Switch, praktis Anda memberikan undangan terbuka kepada hacker untuk menguji seberapa kuat pertahanan perangkat Anda. Sayangnya, jika Anda memiliki perangkat canggih tersebut, kemungkinan besar, sistem pertahanannya dengan mudah akan runtuh di bawah kendali hacker. Itulah yang terjadi pada perangkat game Nintendo Switch, hanya dibutuhkan waktu seminggu sejak diluncurkan, seorang hacker dan jailbreaker iOS atas nama qwertyoruiop, mengungkapkan bahwa ia menemukan cara menyusupi sistem pertahanan Switch, dan hacker tersebut juga harus berterima kasih kepada Apple.

Apple memiliki andil apa dengan jebolnya sistem keamanan Switch? Ternyata meskipun tidak memiliki web browser untuk pengguna, keharusan melakukan login captive portal pada Switch masih menggunakan browser web. Login captive portal merupakan proses masuk yang diperlukan ketika pengguna memanfaatkan WiFI hotspot publik atau hotel. Untuk kebutuhan login, Switch menggunakan engine WebKit Apple, seperti yang digunakan pada browser Safari pada Mac dan iOS.

Masalahnya adalah browser yang digunakan Switch adalah versi lama, sama dengan yang digunakan iOS 9.3. Versi tersebut sudah dikenal memiliki kerentanan yang memungkinkan malware Pegasus merajalela di iPhone. Apple telah menambal celah berbahaya tersebut di iOS 9.3.5 tapi, entah kenapa, Nintendo memutuskan untuk tetap menggunakan versi yang belum diperbaiki.

qwertyoruiop telah memiliki pengalaman pada iOS 9.3 WebKit browser dan tidak terlalu banyak memodifikasi celah yang ada dan membuatnya dapat bekerja di Switch. Memang bukan suatu kebanggaan menjebol Switch dengan sistem yang sebelumnya telah diketahui rentan, tapi paling tidak hal ini membuktikan bahwa perangkat yang paling tertutup sekalipun masih dapat ditembus sistem keamanannya. Beberapa situs web terkemuka seperti suara.com/, okezone.com/, merdeka.com/, kapanlagi.com/, liputan6.com/, kompas.com/, detik.com/, tribunnews.com/, www.tempo.co/, kompiajaib.com, arlinadzgn.com, idntheme.com, gigapurbalingga.net, inilah.com/, mayangkaranews.com/, antaranews.com/, jawapos.com/, metrotvnews.com/, sindonews.com/, inipasti.com/, www.bola.net/, www.viva.co.id/, www.republika.co.id/, jalantikus.com/ mungkin sudah banyak membahas tentang hal ini, namun saya coba sajikan kembali dengan lebih sederhana dan simpel.

Demikian pembahasan singkat tentang Nintendo Switch Rawan Terkena Serangan Hacher dan Para Jailbreaker. Mudah-mudahan akan memberikan manfaat bagi kita semua, jangan lupa masukan berupa saran, kritik atau sekedar komen selalu saya tunggu dan tak lupa selalu saya ucapkan terima kasih.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser